Mengolah Hobi Menjadi Peluang Usaha

Inspirasi, Peluang Usaha, Hobi

(TommL / Getty Images )

 

Jangan pernah memandang hobi dengan sebelah mata. Bermula dari hobi, Anda bisa merintis peluang usaha yang menghasilkan. Bukankah lebih mudah menjalankan sesuatu yang Anda sukai? Jika didukung dengan kesungguhan, ketekunan, niat dan tekad yang bulat bukan tidak mungkin usaha yang Anda rintis akan cepat berkembang.

Simak saja cerita sukses Bari Setiadi. Kecintaannya pada dunia otomotif mendorong motivasinya untuk membuka usaha modifikasi audio dan interior untuk kendaraan roda empat. Usaha yang dimulai dari garasi rumahnya kini telah berkembang pesat. Omzetnya pun tak tanggung-tanggung, yaitu mencapai milyaran rupiah setiap tahunnya.

Anda pun memiliki kesempatan yang sama untuk mengolah hobi Anda menjadi usaha yang menghasilkan. Berikut ada beberapa potensi peluang usaha yang berawal dari hobi.

 

Hobi Bersepeda

Bersepeda adalah alat transportasi yang sederhana dan menyehatkan. Hobi “gowes” ini semakin hari semakin banyak peminatnya. Jika Anda punya hobi bersepeda, Anda tentunya dapat merasakan perkembangan ini. Besarnya minat terhadap sepeda bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Apalagi permintaan terhadap sepeda tidak hanya datang dari jalur hobi saja. Coba perhatikan, setiap orang tua pada umumnya ingin membelikan sepeda untuk anaknya. Nah, jika Anda tertantang untuk menjawab peluang tersebut, Anda dapat memulai usaha dengan membuka toko sepeda. Kalau perlu, jual juga asesoris dan keperluan lain untuk bersepeda. Kondisinya akan semakin menguntungkan mengingat toko sepeda pada umumnya masih terbilang jarang.

 

Hobi Memasak

Beruntunglah bagi Anda yang memiliki hobi dan bakat memasak. Banyak peluang usaha yang bisa Anda jalankan dari hobi Anda tersebut, mulai dari katering, warung makan, kedai kopi hingga restoran. Jika Anda berniat untuk menjalankan bisnis kuliner, tidak ada salahnya untuk mengambil lokasi usaha di area apartemen. Dalam area yang relatif kecil, Anda bisa menjangkau lebih banyak target pembeli. Gaya hidup penghuni apartemen yang umumnya menyukai kehidupan praktis membuat mereka cenderung lebih suka “jajan” dibanding masak sendiri. Jika perlu, sediakan juga layanan antar untuk mendongkrak penjualan.

 

Hobi Fotografi

Berbekal bakat seni, kemampuan tehnis, dan perangkat kamera, Anda tentunya sudah bisa merintis peluang usaha fotografi. Misalnya dengan membuka studio, menawarkan jasa pemotretan pranikah, dokumentasi perkawinan atau ulang tahun. Disamoing itu, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan sampingan dengan menjual karya-karya terbaik Anda di internet seperti di Shutterstock, Gettyimages, dan situs-situs serupa lainnya. Namun, pernahkah Anda berpikir untuk “membantu” para penggemar fotografi menyalurkan hobinya? Contohnya dengan mengatur tour untuk hunting ke suatu daerah, mmenawarkan pemotretan model dengan tema-tema yang menarik, hingga membuka kursus fotografi bagi mereka yang ingin mengenal dunia fotografi.

 

Hobi Belanja

Jika Anda sulit dipisahkan dengan dunia mode, mungkin Anda akan terjebak dengan sebuah hobi yang unik, yaitu belanja. Disadari atau tidak, ternyata hobi belanja akan membuat Anda lebih memperhatikan dunia fashion dan mengikuti perkembangannya. Semakin lama, Anda akan semakin peka dalam menilai suatu barang, mana yang berkualitas, mana yang sedang diminati, dan bahkan memiliki referensi penjual yang  menyediakan barang dengan harga miring. Gunakanlah wawasan Anda yang kaya akan dunia fashion tersebut untuk membuka toko atau menjadi reseller. Jika Anda belum siap membuka gerai, Anda dapat memulainya dengan membuka toko online.

 

Hobi Otomotif

Hobi ini biasanya digandrungi oleh kaum pria. Beragam ide usaha yang bisa dilakukan antara lain membuka toko suku cadang, asesoris, jasa modifikasi, jual beli kendaraan, atau membuka bengkel perawatan berkala. Namun jika Anda ingin sesuatu yang unik dan berbeda, cobalah untuk terjun di bisnis komunitas seperti yang sukses dibangun oleh Harley Davidson. Peluang usaha yang bisa dirintis misalnya menjual asesoris dan pernak pernik khusus untuk penggemar motor Vespa atau brand-brand lain yang memiliki komunitas yang kuat dengan penggemar yang loyal.

 

Hobi Tanaman Hias

Jangan sia-siakan hobi bercocok tanam yang Anda miliki. Ketertarikan Anda terhadap tanaman hias bisa dikonvesi menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Pesatnya pertumbuhan industri properti yang terjadi saat ini diyakini turut mendongkrak permintaan terhadap tanaman hias. Bertambahnya komplek perumahan, hotel, apartemen, hingga perkantoran akan membuat bisnis tanaman hias jadi ikut-ikutan mekar.

 

Hobi Nongkrong

Banyak yang mengangap nongkrong adalah kebiasaan buruk. Namun bagi Anda yang punya hobi nongkrong, mungkin kumpul-kumpul dengan teman adalah salah satu cara untuk menjaga silaturahmi sambil melepas kepenatan. Hobi nongkrong sebenarnya bisa disulap menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Mungkin Anda tidak menyadari jika Seven Eleven, Circle K, Dawson dan tempat-tempat sejenis lainnya sebenarnya juga terinspirasi dari budaya nongkrong. Anda yang punya hobi nongkrong tentunya lebih paham dan mengerti apa yang dibutuhkan saat nongkrong. Nah, wujudkan semua itu dalam sebuah konsep usaha yang unik. Carilah teman yang bisa diajak bekerjasama untuk membuka kedai kopi atau tempat nongkrong lainnya yang asik.

 

Hobi Jalan-jalan

Pengalaman yang didapat dari hobi jalan-jalan akan membuat wawasan Anda terhadap dunia wisata semakin bertambah.  Mungkin karena hobi Anda tersebut, akhirnya banyak teman atau keluarga yang bertanya kepada Anda sebelum mereka melakukan perjalanan. Tanpa disadari, Anda dijadkan sumber referensi wisata yang dipercaya oleh lingkungan Anda. Kondisi ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha untuk digeluti. Berbekal pengetahuan yang luas, Anda bisa memulai usaha untuk membuka agen perjalanan. Selain menjual tiket, Anda juga dapat menawarkan paket perjalanan wisata dengan tema-tema yang unik semisal paket bulan madu, paket wisata keluarga, paket belanja diskon, paket wisata alam, dan sebagainya.

 

Hobi Musik

Bagi sebagian orang, musik adalah bagian dari kebahagiaan. Bila Anda termasuk salah satu diantaranya, maka Anda punya kesempatan untuk menyulap hobi Anda menjadi peluang usaha di bidang musik. Salah satunya adalah membuka kursus musik. Jika dicermati, semakin banyak orang tua yang membawa anaknya ke sekolah musik agar dapat mengenal musik sejak dini. Kondisi ini merupakan celah bisnis bagi Anda. Selain membuka kursus, Anda juga bisa membuka studio musik atau menjual alat-alat musik. Namun bila Anda memiliki modal yang cukup, karaoke juga dapat dijadikan alternatif usaha yang menarik.

 

Tak Punya Hobi

Jangan berkecil hati kawan. Tidak semua restoran dimiliki oleh orang yang punya hobi memasak. Usaha mereka berkembang karena mereka mencintai pekerjaan mereka. Jika Anda merasa tidak memiliki hobi yang istimewa, Anda cukup melihat hobi orang lain sebagai peluang usaha yang akan Anda rintis. Misalnya, jika di lingkungan Anda banyak yang suka memancing, maka tidak ada salahnya jika Anda menyediakan tempat pemancingan bagi mereka. Yang terpenting adalah, cintailah apapun yang Anda kerjakan.

Tetap semangat Indonesia!

 

Baca juga:
Tips Memilih Peluang Usaha
Rahasia Sukses Dahlan Iskan

 

Related posts:

Strategi Komunikasi : Rational itu Penting.
Hari Raya: Sale…Sale…Sale. Tapi…
Global tapi Lokal

2 Comments

  • Info Peluang Usaha says:

    Orang yang sedang mencari peluang usaha didasarkan pada honi yang diminati memiliki kelebihan tersendiri dibanding yang tidak memilki hobi. Karea merntis usaha dilandasi dengan rasa senang itu akan lebih semangat kedepan nantinya.

  • miftakul huda says:

    mengawali suatu usaha yang di dasari dengan kesenangan ( hobi ) akan menambah semangat untuk berusaha. tidak sedikit orang yang sukses berangkat dari hobi. smg Anda juga begitu, salam sukse selalu

Leave a Comment