10 Kiat Sukses Berbisnis ala Dahlan Iskan

Sukses Bisnis ala Dahlan Iskan

Sukses Bisnis ala Dahlan Iskan

Siapa yang tak mengenal sosok Dahlan Iskan.  Menteri BUMN yang bersahaja ini, memiliki kiat-kiat khusus agar sukses merintis bisnis. Apa saja kiatnya?

 

Mulailah sejak dini

“Bisnis lebih baik dimulai sedini mungkin. Teman-teman yang sudah memulai bisnis sejak dini jauh lebih beruntung karena ekonomi Indonesia di tahun 2022 akan meningkat karena antara politik dan ekonomi akan semakin terpisah. Pada 2022, ekonomi yang akan mendikte politik,” kata Dahlan Iskan dihadapan para mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dalam acara pengesahan YOURS (Young entrepreneur Association)

Di kesempatan yang terpisah, Dahlan mengungkapkan bahwa usia 25 tahun merupakan saat tepat untuk berbisnis. Mengapa? Seandainya harus jatuh, masih punya waktu panjang untuk bangkit kembali.

 

Usia matang

Awal 30 tahunan merupakan masa paling pas untuk menatap kemapanan bisnis. Pada periode ini, dianggap sudah memiliki modal cukup: kaya pengalaman, pernah jatuh, pernah ditipu atau menipu, dan pikiran yang matang.

 

Fokus pada satu bidang

Anjuran ini ditujukan bagi yang ingin memulai bisnis. Dihadapan mahasisa UNM, Dahlan Iskan menganjurkan agar mahasiswa fokus menekuni satu bisnis saja. Setelah sampai pada skala tertentu, barulah dapat dikembangkan ke bidang yang lain.

 

Kerja dan kerja

Penting untuk tidak memikirkan banyak hal, kecuali kerja. Kerja keras! Kalau perlu tidak tidur dua hari dua malam, kerja, dan kerja.

 

Berani mengambil risiko

Nasihat ini juga sudah disampaikan kepada direksi BUMN agar jangan takut mengambil keputusan. Jangan biasakan minta petunjuk. Takut ambil risiko, mundur saja dari direksi.

 

Cerdik

Pebisnis, kerap diungkapkan dahlan, tidak hanya pintar melihat peluang. Namun dia juga harus bisa melihat jalan keluar di saat menghadapi masalah yang sangat berbahaya.

 

Fleksibel

Jangan terlalu kaku dengan harapan, karena banyak hal bisa terjadi di depan. Karena itu, fleksibilitas menjadi sangat penting. “Beruntunglah saya tidak punya cita-cita hahahaha …,” kelakar Dahlan suatu ketika.

 

Tertipu pangkal sukses

Pengusaha akan sukses apabila pernah mengalami banyak ujian, termasuk ditipu orang. ”Karena jadi pengusaha yang baik itu adalah pengusaha yang pernah ditipu orang,” kata Dahlan Iskan di hadapan ribuan pengusaha mikro di Graha Tirta Siliwangi, Bandung. Menurut Dahlan, ada pelajaran yang bisa dipetik dari pengalaman itu. Di antaranya, mengetahui jenis orang seperti apa yang bisa dipercaya, dan mana yang sama sekali tidak bisa dipercaya.

 

Pertengkaran adalah kekuatan

Berselisih dengan mitra bisnis adalah hal yang biasa. Itu merupakan proses kematangan menuju kesuksesan karena bisa berujung dengan saling bersinergi atau bahkan terpisah hingga masing-masing terpicu untuk sukses.. “Sering bertengkar akan terjadi interaksi dan kristalisasi” ujar Dahlan.

 

Seperti belajar naik sepeda

“Pertama-tama Anda pegang sepeda itu, menuntunnya, lalu menaikinya, dan coba menjalankannya. Setelah itu Anda terjatuh dan bangun lagi, serta akan terus berusaha untuk bisa menjalankan sepeda itu. Ya, seperti itulah bisnis,” kata Dahlan dalam sesi talk show di Balai Kartini, Jakarta. Filosofi sepeda itu dipegang erat Dahlan dalam menjalankan tiap bisnis yang dilakoninya sehingga menjadi pengusaha dan kemudian dipercaya sebagai seorang menteri.

 

Baca juga:
Strategi Pemasaran Kemenangan Jokowi
9 Warisan Steve Jobs

7 Tips Bisnis Reinald Kashali

 

Related posts:

Kuncinya, Cepat Bertindak
Dorong Usaha Lewati Fase Pemula
Karyawan yang Bahagia, Aset "Emas" Perusahaan

Leave a Comment