Tips Memilih Peluang Usaha

Tips, Memilih Peluang Usaha, Peluang Usaha

(Zokara/Getty Images)

 

Punya banyak ide justru bikin pusing tujuh keliling. Begitu pula ketika kita memilih peluang usaha. Hasrat untuk mendapatkan pilihan terbaik mungkin menjadi salah satu faktor penentu lambatnya proses pengambilan keputusan. Dilain sisi, takut akan kegagalan juga kerap menimbulkan rasa ragu untuk melangkah.

Kalau terus-terusan bingung, kapan kita mulai melangkah? Padahal, jika kita tidak pernah meninggalkan garis start, kita takkan pernah mencapai garis finish. Bagaimana menyiasati semua keraguan yang muncul? Cobalah ikuti beberapa tips dibawah ini.

 

Tentukan Tujuan

Setiap tindakan hendaknya selalu mengacu pada suatu tujuan. Akan sulit memutuskan sebuah tindakan jika kita tidak mengetahui untuk apa kita melakukannya. Jika dianalogikan, situasi ini sama halnya seperti masuk ke dalam supermarket. Disana tersedia ratusan bahkan ribuan produk yang bisa dibeli. Mana yang akan dipilih? Kecap atau shampo? Ayam atau sabun? Ini atau itu? Bingung? Yup, itulah yang akan kita alami jika kita tidak memiliki tujuan.

Tanpa tujuan yang jelas, kita pun akan bingung saat memilih peluang usaha. Untuk itu, lupakan sejenak semua ide-ide peluang usaha. Awali langkah kita dengan membuat sebuah tujuan. Misalnya, harapan akan kondisi keuangan, rumah yang nyaman, kehidupan yang mapan, jaringan bisnis atau harapan-harapan lain yang ingin dicapai. Apapun tujuan itu, pikirkan matang-matang dan tentukan sejak awal.

 

Target Waktu

Lengkapi tujuan tadi dengan target waktu yang terukur. Kapan kita ingin punya rumah? Kapan ingin punya tabungan? 1 tahun? 3 tahun? Tentukan harapan itu dalam satu paket impian yang ingin kita wujudkan. Dan, jadikanlah impian itu sebagai tujuan kita memutar roda usaha.

 

Menyaring Gagasan

Sekarang saatnya! Mulailah memilih kendaraan (baca: peluang usaha) yang berada dalam jangkauan kemampuan kita untuk memilikinya. Kumpulkan beberapa opsi ‘kendaraan’ yang bisa membawa kita selamat sampai tujuan dalam waktu yang diharapkan.

Pastikan peluang usaha yang dipilih hanya yang benar-benar menghasilkan. Tak perlu ragu untuk mencoret peluang usaha yang kita anggap tidak mampu mewujudkan impian kita. Kumpulkan ide-ide tersebut dan buatlah daftar tertulis.

 

Pilihlah yang paling disukai

Menjalankan sesuatu yang kita sukai tentunya akan membuat kita semakin bergairah, tidak cepat bosan, selalu optimis, dan yang paling penting adalah tidak mudah menyerah, terutama saat menghadapai beratnya tantangan dimasa-masa awal merintins usaha. Nah, dari daftar peluang usaha yang telah dibuat sebelumnya, pilihlah beberapa diantaranya yang paling kita sukai.

 

Mulailah dari yang paling dikuasai

Baik dan buruknya perputaran roda usaha akan sangat ditentukan oleh kemampuan kita menjalankan bidang usaha yang dipilih. Oleh karena itu, dari sejumlah opsi peluang usaha yang kita sukai tadi, pilihlah satu yang paling dikuasai. Putuskan dan mulailah bertindak.

Jangan pernah takut gagal karena takut bertindak adalah kegagalan yang sebenarnya. Kalaupun kita belum mampu mencapai finish, namun kita sudah berhasil meninggalkan garis start. Action!

 

Cari yang Anda suka, tetapi menghasilkan. Kemudian dari yang menghasilkan dan yang Anda suka, baru pilih mana yang mudah dicapai”

(Tung Desem Waringin)

 

Baca juga:
Bukan Sekedar Sex
Mengolah Hobi Jadi Peluang Usaha
Strategi Pemasaran Kemenangan Jokowi


Related posts:

Kuncinya, Cepat Bertindak
Kenali 13 Penyebab Kegagalan Usaha (Part 2)
Karyawan yang Bahagia, Aset "Emas" Perusahaan

5 Comments

  • [...] Banyak pilihan justru membuat kita semakin bingung. Padahal kita perlu menemukan peluang usaha yang paling mungkin dijalankan dan tentunya paling menghasilkan. [...]

  • Fajar S says:

    Memulai menjalankan sebuah peluang usaha dari hal yang dikuasai saya rasa merupakan ide yang cukup bagus. Karena jika kita menguasai apapun itu akan lebih mudah dalam menjalankannya nanti. Lanjut gan …

  • HETTY SUSTAMELIA says:

    Terlalu byk pilihan,,,

  • David says:

    Hidup bagaikan roda yang berputar namun di dalam pelaksaannya kita harus menentukan jalan yang akan kita tempuh dan kita perjuangakan.. Get Finish !!

  • indro says:

    dengan banyak pilihan terkadang menjadi hantu yang menghalagi untuk memulai melangkah,,,,anggap hantunya menyenangkan sehingga kita berani melangkah mendekati…. semoga sukses

Leave a Comment